Jumat, 22 Maret 2013

Dinas Pendidikan Kota Batu



Drs. H. Abdul Manaf, MPd.
Kepala Sekolah Harus Punya Ambisi Positif
Kemajuan sebuah sekolah itu itu amat tergantung kepada pimpinannya, tidak lain adalah kepala sekolah.  Ketika kepala sekolah bisa mengatur para guru dan siswa, maka keberhasilan sekolah itu akan segera terwujud. Bagaimanapun juga seorang kepala sekolah harus mempunyai ambisi positif.
Itulah yang diungkapkan Drs H Abdul Manaf MPd, Pengawas Sekolah Dasar untuk wilayah Kecamatan Bumiaji.  Apa yang diungkapkan oleh pengawas sekolah ini bukanlah  sebuah kata-kata biasa. Melainkan hasil dari pengalaman yang telah dijalani beberapa tahun ini.
Ia jelaskan, ambisi positif itu adalah kemauan yang kuat untuk memberikan energy positif kepada lembaga yang dipimpin.  Setelah muncul kemauan akan  tumbuh sebuah kemampuan. Tentu saja, semua itu tidak datang dengan tiba-tiba, melalui proses.  Ketika itu semua bisa menjadi landasan , maka kesuksesan sudah ada didepan mata.
Menurut dia, seorang kepala sekolah mempunyai dominasi yang kuat pada sebuah sekolah. Oleh karena itu seorang kepala sekolah harus mempunyai visi misi yang jelas. Misalnya bagaimana mengelola potensi sekolah itu, mengemong  para guru termasuk para siswa semuanya.
Sekali lagi, kata dia, kualitas dari kepala sekolah itu yang akan menentukan maju dan tidaknya sebuah sekolah. Dimana kepala sekolah  harus bisa menjadi leadership dan berkemampuan manajerial. “Meskipun mempunyai guru hebat, anak didik hebat tetapi kepala sekolah tidak mempunyai leadership dan manejerial semua itu akan sia-sia,”terangnya.  
Ini semua tidak terbantahkan. Pengalaman sudah membuktikan, bahwa dibalik kesuksesan dan kemajuan sebuah sekolah itu ada kepala sekolah yang hebat pula. “Ini semua merupakan pengalaman saya ketika mulai menjadi guru hingga menjadi kepala sekolah. Bahkan sampai menjadi pengawas sekolah, pengalaman itu masih ingin terus tularkan,”kata bapak yang mempunyai 3 putra dan 1 cucu ini.
Ia juga menyebutkan, ada sosok kepala sekolah yang diidolakan, yaitu Almarhum Sutomo, kepala SDN Ngaglik 1 pada tahun 1994-1997.  “Ya saya banyak belajar dari beliau. Bahkan semasa saya menjadi kepala sekolah sosok itu yang memberi inspirasi,”terang pria kelahiran 19 September 1954 ini.
Ia mengakui selama ini banyak belajar dari pengalaman. Termasuk mengambil contoh sisi positif dari para seniornya.  Pria ini menyebutkan mengawali karir menjadi guru pada tahun 1979.  Kemudian kepala sekolah dibebarapa sekolah dasar (SD). Mulai SDN Sumberejo 1, 2, SDN Ngaglik 2, SDN Pesanggrahan 1, 2 dan SDN Sisir 5. Terakhir, menjadi pengawas SD untuk wilayah kecamatan Bumiaji sejak 2004 hingga saat ini.   
Pria kelahiran Bumiaji ini mempunyai mempunyai hobby  bertani. Tidak heran, kalau pensiun yang akan dihadapi pada tahun depan itu sudah dipersiapkan secara matang. “Ya saya sudah mempersiapkan diri ketika menghadapi masa pensiun. Setidaknya akan kembali ke hobby saya yaitu bertani,”kata dia sambil tersenyum.(hay)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar