Minggu, 26 Mei 2013

MTQ Kota Batu



MTQ Kota Batu
Bukan Sekadar Lomba

Kritik terhadap Pemerintah Kota Batu, terkait penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an, terjawab sudah. Meski agak terlambat merespon, fasilitasi Pemkot melalui instruksi Sekretaris  Daerah ke Camat tiga wilayah (Batu, Bumiaji dan Junrejo) sangatlah berarti. Pasalnya  MTQ Tingkat Propinsi Jawa Timur ke XXV akan dilaksanakan pada 17 – 25 Juni 2013. Sementara Kota Batu, baru menggelar seleksi tingkat kecamatan mulai  tanggal 27, 28 dan 29 Mei 2013 kemarin. “ Rencananya tanggal sebelas Mei dua ribu tiga belas, kita akan laksanakan seleksi MTQ tingkat Kota Batu,” ujar Ismail Ghani, Kabag Kesra Pemkot Batu.
Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) adalah perhelatan rutin  dua tahunan. Sejak MTQ Nasional 1 Tahun 1968 sampai saat ini, secara berjenjang dilaksanakan. Mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, propinsi dan tingkat nasional.  Kebijakan Pemerintah Republik Indonesia ini, diarahkan sebagai salah satu sarana memotivasi untuk mewujudkan pengamalan dan pemahaman Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mendukung program tersebut, dibentuklah Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an dari pusat hingga kabupaten-kota. Sebuah organisasi khusus yang tiap daerah, lazim dipimpin langsung oleh pejabat sekretaris daerah ).  Tak terkecuali Kota Batu, yang baru berdiri pada 17 Oktober 2001.
Sebagai kota yang masih baru, dapat dimaklumi dalam perjalanannya LPTQ di Kota Batu belum berfungsi maksimal. Tapi semua itu, tidak harus menjadi penghalang. Bahkan seharusnya jadi tantangan bagi Pemerintah Kota dan Masyarakat Batu. Kemauan berbenah dan menata demi tercapainya program negara ini, sangat dibutuhkan. Kuncinya, sinergitas pemerintah, ulama, organisasi sosial keagamaan, dan para peduli.
Sejak menjadi kota otonom, Pemerintah Kota Batu telah mengirim Kafilah (Kontingen) MTQ tingkat Propinsi setidaknya empat kali. Yaitu :
1.      MTQ Propinsi Jatim  XX di Sidoarjo 2003
2.      MTQ Propinsi Jatim XXI di Sumenep 2005
3.      MTQ Propinsi Jatim XXII di Blitar 2007
4.      MTQ Propinsi Jatim XXIII di Jember 2009
5.      MTQ Propinsi Jatim XXIV di Madiun 2011
6.      Bulan Juni MTQ Propinsi Jatim XXV di Surabaya 2013
Sejumlah prestasi pernah di dapat pada perhalatan MTQ dua tahunan tersebut. Walaupun masih jauh dari 37 kabupaten-kota yang lain. Potensi Kota Batu sesungguhnya masih dapat mengejar ketertinggalannya.

Kafilah MTQ Sebanding Atlit PON
Tak ubahnya kontingen Pekan Olah Raga Nasional, kafilah MTQ butuh langkah konstruktif dan kontinyu. Tahap  penjaringan bibit, pembinaan, serta persiapan menghadapi even. Bagaimana akan merebut prestasi jika semua itu tak pernah dilakukan. Wajib kerja ekstra untuk siapkan kafilah MTQ Kota Batu menuju  Juni 2013. Waktu tinggal sedikit. Sementara sejumlah aspek yang  dimusabaqahkan dalam MTQ sangat banyak. Seperti membaca, menghafal, menulis, menafsirkan dan menyampaikan tuntunan Al Qur’an. Semuanya itu diwujudkan dalam cabang-cabang Musabaqah, yaitu :
  1. Cabang Tilawah Al Qur’an
Musabaqah Tilawah Al Qur’an adalah suatu jenis lomba membaca Al Qur’an dengan bacaan mujawwad dan murattal. Yaitu bacaan Al Qur’an yang mengandung nilai ilmu membaca, seni dan adab membaca menurut pedoman yang telah ditentukan.
  1. CAbang Hifzh Al Qur’an
 Musabaqah Hifzh Al-Qur’an adalah suatu jenis lomba membaca Al-Qur’an dengan hafalan yang mengandung aspek ketepatan dan kelancaran hafalan serta ilmu dan adab membaca menurut pedoman yang telah ditentukan.
  1. Cabang Tafsir Al Qur’an
Musabaqah Tafsir Al-Qur’an adalah suatu jenis lomba membaca Al-Qur’an dengan hafalan (Hifzh Al-Qur’an) dan menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an (Tafsir Al-Qur’an dalam bahasa Arab, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) dengan diharuskan hafal Al-Qur’an 30 juz.
  1. Cabang Fahm Al Qur’an
Musabaqah Fahm Al Qur’an jenis lomba yang menekankan penguasaan ayat dan Ilmu Al Qur’an serta pemahaman terhadap isi dan kandungannya dengan cara melombakan tiga atau empat regu dalam suatu penampilan.

  1. Cabang Syahr Al Qur’an
Musabaqah Syarh Al Qur’an adalah jenis lomba penyampaian pesan isi dan kandungan Al Qur’an dengan cara menampilkan bacaan, puitisasi terjemah dan uraian yang merupakan kesatuan yang serasi
  1. Cabang Khat Al Qur’an
Musabaqah Khath Al Qur’an adalah jenis lomba yang menekankan kepada kaidah khath, keindahan dan kebenaran kaidah rasam Qur’ani.
  1. Cabang Makalah Ilmiah Al Qur’an
Musabaqah Makalah Ilmiah Al-Qur’an merupakan cabang musabaqah yang menitikberatkan pada kemampuan menulis dengan mengeksplorasi isi kandungan al-Qur’an.

Apapun kendalanya, keikutsertaan Kota Batu dalam MTQ Propinsi Jawa Timur adalah wajib mutlak. Sebagai wujud pelaksanaan program negara dan sebagai wujud keseriusan Pemerintah Kota Batu dalam memotivasi pengamalan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar