Senin, 09 Juni 2014

DPRD Kota Batu Akan Diisi 15 Anggota Baru

Hasil perhitungan suara  pemilihan calon legislative telah usai. Kini tinggal menunggu pelantikan yang diperkirakan pada awal Agustus mendatang. Calon Legislatif (Caleg) yang bakal mengisi gedung wakil rakyat untuk periode 2014-­2019 adalah wajah­-wajah baru sebanyak 15 orang, sedangkan 10 Caleg incumbent tumbang.
Hasil rekapitulasi di Kecamatan Bumiaji, Caleg incumbent  yang masih bertahan dari PDIP, Suliadi memperoleh suara 2.778 suara, Wito Argo 2.500 suara. Heli Suyanto, dulu berangkat dari Hanura, sekarang dari Gerindra memperoleh 2.929 suara.
Ada juga Reni Agustini dari Partai Demokrat memperoleh 1.120 suara serta Santi Vitria Dewi dari Partai Golkar memperoleh 2.908 suara. Wajah baru yang berhasil lolos ke Gedung DPRD dari Gerindra Budiarto 1.419 suara dan dari PAN Suwandi 1.821 suara.
Di Kecamatan Junrejo, Caleg incumbent lolos hanya satu orang, yakni dari Partai Golkar atas nama Usman memperoleh 910 suara. Caleg baru ada enam, yakni Asmono dari PAN memperoleh 3.297 suara, Sampurno dari PDIP 1.640 suara, Ludi Tanarto dari PKS 3.126 suara, Saihul Anam dari PD 1.609 suara, Sudiono dari PKB 714 suara.
Sementara itu, rekapitulasi di  Kecamatan Batu  Para caleg daerah pemilihan Batu yang bakal mengisi gedung DPRD, dari incumbent ada Cahyo Edi Purnomo dari PDIP, Sugeng Hariono dari Hanura, Dyah Katarina dari Partai Gerindra (sebelumnya maju dari PNI Marhein) serta Dewi Kartika dari PKB yang sebelumnya dari Partai Patriot.
Sedangkan wajah baru akan diisi dari PKB Nurrochman dan H Didik Subianto, Didik Machmud dari Partai Golkar, Deddy Irvan Alwani dari Partai Demokrat, Hari Danah Wahyono dari Partai Gerindra, Asmadi dari PDIP, Nur Aulia Lishanti dari PAN, dan Sandi Pratama Putra dari Nasdem.
Diketahui, dalam rapat pleno KPU Kota Batu sudah diteapkan para caleg yang lolos menjadi anggota dewan untuk periode 2014-2019.  Ketua KPU Kota Batu, Bagyo Prasasti Prasetyo   mengatakan, rapat pleno penetapan perolehan suara dan kursi parpol serta penetapan calon terpilih anggota DPRD Kota Batu yang digelar setelah proses Pemilu DPR,DPD,dan DPRD 2014 pada 9 April lalu.
”Pelaksanaan Pemilu di Kota Wisata Batu alhamdulilah berlangsung lancar dan aman yang mana masyarakat Kota Batu ini sangat cerdas dalam memilih sehingga golput dikota Batu sangat sedikit dibanding dengan kota diwilayah Malang Raya yaitu sekitar 17 %, “ ungkapnya.
”Karena itu ,sesuai dengan tahapan Pemilu  maka hari ini KPU Kota Batu melaksanakan pleno penetapan raihan suara dan kursi parpol serta penetapan calon terpilih anggota DPRD Kota Batu periode 2014 - 2019”, tambahnya.
Berdasar hasil akhir penghitungan KPU Kota Batu, PDIP mendapat 5 kursi, Gerindra 4 kursi, Golkar 3 kursi, Demokrat 3 kursi, PKB 4 kursi, Hanura 1 kursi, PKS 1 kursi, PAN 3 kursi dan Nasdem 1 kursi. (adv)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar