Selasa, 09 April 2013

Kejari Batu Dites Urine

 Karyawan Kejari Dites Urine

BATU- Puluhan staf dan karyawan di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu dikagetkan dengan kedatangan petugas dari Badan Narkotika Kota (BNK) Kota Batu. Senin (8/4), sebanyak 39 pegawai kejari diharuskan mengikuti tes urine yang dilakukan saat itu juga di kantor kejari. Hal ini untuk memastikan dan menjamin bahwa penegak hukum di lingkungan kejaksaan terbebas dari penyalahgunaan narkotika.Kepala Kejari Batu, Meran, mengaku mendukung sepenuhnya langkah dan program yang dibuat oleh BNK. “Sebagai salah satu institusi penegak hukum, kita akan patuh pada hukum yang ada,”ujar Meran saat ditemui usai pelaksanaan tes urine. Dalam tes yang dilakukan kemarin, tidak ada pejabat, karyawan, maupun tenaga honorer di kejari yang kedapatan menjadi pengguna narkotika.

Meran menegaskan bahwa sebelum pelaksanaan tes urine ini tidak ada komunikasi yang dilakukannya dengan pihak BNK. Kedatangan BNK ke kantornya benar-benar di luar jadwal yang sudah ada di Kejari. Namun demikian, Meran mengaku mendukung langkah dan tindakan yang dilakukan BNK ini.

Sedangkan ketua BNK Batu, AKBP Hari Triyogo, menyatakan bahwa langkah ini diambil dalam rangka untuk melaksanakan amanat dari undang-undang (UU) dalam pemberantasan narkotika. “Ke depan, tes urine yang sama juga akan dilakukan di seluruh SKPD yang ada, dan semua akan dilakukan secara mendadak,”ujar Hari.

Dalam pelaksanaan tes urine di kantor kejari, semua karyawan diminta untuk menyerahkan urine-nya kepada petugas yang ada. Satu per satu karyawan kejari diminta untuk masuk ke toilet yang di depan pintunya telah bersiap seorang penjaga.

Ketika keluar, masing-masing dari mereka diminta untuk menyerahkan urine mereka di yang telah ditaruh di sebuah gelas plastik kecil kepada petugas jaga. Kemudian urine tersebut akan diperiksa untuk menentukan apakah pemiliknya kedapatan menjadi pengguna narkotika atau tidak.hay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar