Selasa, 09 April 2013

Sukses UN


UNTUK SUKSES UN
tidak cukup hanya doa dan belajar
Tinggal hitungan hari saja, anak-anak kita khususnya yang duduk di kelas 6, 9 dan 12 akan menjalani UN. Berbagai upaya dan usaha telah dilakukan, bukan saja oleh peserta ujian melainkan juga Dindik dengan try out-nya, pihak sekolah dengan berbagai ujian pra UN, termasuk orangtua yang tidak eman-eman menyisihkan jutaan uangnya untuk membayar bimbel. Belum lagi para ulama yang juga ikut mempersiapkan mental peserta UN melalui istigotsah dan doa khusus.
Yang sering tidak disadari adalah: ternyata persiapannya ttidak cukup hanya belajar dan belajar saja, tapi juga persiapan fisik dan psikis anak didik. Tidak ada manfaatnya saat intelegensia anak dicekoki bahan-bahan UN, tapi pada hari H peserta UN tersebut sakit dan depresi.  "So what gitu loh" istilah ABG saat ini. Tak kurang dari kepala Dinkes dr.Endang  Triningsih bersama timnya juga menunjukkan kepeduliannya untuk mempersiapkan anak didik menghadapi UN. Sayang sekali gayung itu tidak serta merta disambut baik oleh semua pelaku pendidikan. Nyatanya, baru MAN 02 Kota Batu yang memanfaatkan momen motivation building yang ditawarkan dr.Endang ini.
Mungkin selama ini banyak yang tidak tahu bahwa air putih, buah-buahan, sayur mayur dan juga susu KUD yang  banyak dihasilkan petani / peternak Batu itu juga berperan penting untuk menjaga stamina peserta UN. "Meskipun bakso dan pangsit itu enak.  Tapi kandungan gizinya kurang,. Selain itu perlu dukungan dari keluarga, supaya mereka menyambut  UN dengan happy dan enjoy. Perlu dipahamkan agar anak-anak menganggap UN adalah proses biasa dalam rangkaan belajar mengajar,"tandas ibu dua putri ini dengan senyum khasnya (nien)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar