Selasa, 09 April 2013

Paket C Tak Dijamin Lulus 100 Persen

Paket B dan C Tak Dijamin Lulus 100 Persen
*) Kendati Sudah Membayar Uang Ujian

ANGGUN Abadiany, pelaksana Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) mengatakan tidak berani menjamin kelulusan para siswa belajar paket B (setara SMP) dan paket C (setara SMA) pada tahun ini. Alasannya, waktu persiapan terlalu pendek dan pelaksanaan ujian tahun ini lebih sulit daripada tahun sebelumnya.
Menurut dia, yang penting anak didiknya sudah diajari dan sudah diberikan latihan mengerjakan soal (tryout). Soal kelulusan berpasrah kepada Tuhan saja.
"Soal kelulusan itu berpasrah sajalah,"kata Anggun yang mengaku mempunyai siswa paket B sebanyak 15 orang dan paket C sejumlah 26 orang ini.
Jumlah siswa itu, lanjut dia, adalah siswa yang akan ikut Ujian Nasional. Besar kemungkinan masih berkurang lagi, karena ada urusan kerja sehingga akan mundur.
Ia juga katakan, bahwa siswanya itu selain diberi pelajaran seperti sekolah pada umumnya, juga diberi pelatihan ketrampilan. "Khusus yang putri kita kenalkan ketrampilan," katanya.
Sedangkan yang putra, Anggun katakan masih sulit diberikan ketrampilan. Karena soal kesibukan dan jenis ketrampilan yang masih membingungkan.
Aggun juga katakan para peserta ujian itu dipungut biaya. Tetapi ia menolak menyebut nominalnya.
"Ya dipungut biaya, tetapi jumlah amat terjangkau. Juga tidak memberatkan anak murid,"kata Anggun.
Sayangnya, PKBM yang pinjam disebuah SD di desa Pesanggrahan ini tak dilengkapi papan nama. Sehingga tidak banyak yang mengetahui kelas paket B dan C ini.
Ketika hal itu ditanyakan kepada Anggun,  dikatakan bahwa soal papan nama itu urusan saudara Herman atau salah satu Kasi di Dinas Pendidikan. "Saya hanya pelaksana, jadi tak tahu soal itu,"tukas Anggun.
Sementara itu, beberapa siswa di PKBM tersebut mengatakan untuk bisa ikut ujian kelulusan diminta membayar Rp 500 ribu per orang. "Biaya sebanyak itu kemungkinan masih bisa bertambah,"kata siswa paket C yang tak mau namanya dicantumkan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar