Selasa, 09 April 2013

Kolom Guru

 L.Yudiwantoro
PEREMPUAN SEBAGAI TIANG BANGSA
Oleh : L.Yudiwantoro - TK Kartika Batu

Masih terbayang bagaimana hebohnya orangtua/wali murid, khususnya ibu-ibu yang mengantar putri cantiknya tiap tanggal 21 April di masa penulis sekolah. Bukan hanya di tingkat TK atau SD, bahkan sampai di tingkat SMP dan SMA/SMK. Momen Kartinian memang merupakan saat yang ditunggu-tunggu, mengingat itulah saatnya para siswi berlomba menunjukkan kecantikan dan keluwesannya. Meskipun bukan itu tujuan utama peringatan hari Kartini.

Fenomenanya saat ini sedikit berbeda memang, karena sejatinya peringatan Kartini bukan sekedar ajang pamer kecantikan semata, melainkan lebih pada mewujudkan cita-cita seorang R.A.Kartini yang memperjuangkan emansipasi perempuan di jamannya. Implikasi lainnya  adalah bagaimana meningkatkan derajat hidup perempuan Indonesia,  mengingat perempuan merupakan tiang sebuah bangsa, yang harus cerdas, tangkas dan trengginas tetapi tetap lembut, berperikemanusiaan dan berperikeadilan…..

Guru Taman Kanak-kanak dan Bunda PAUD yang 95% adalah perempuan, diberi kepercayaan oleh masyarakat untuk ikut membantu dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Oleh karenanya, mereka haruslah mempunyai bekal yang cukup untuk bisa membimbing anak asuhnya. Mereka juga harus mampu menjadi “Ibu" sekaligus "Teman” bagi anak asuhnya. Selain itu mereka harus kembali pada stereotip lama sebagai sosok yang bisa "digugu lan ditiru" alias panutan dalam bersikap,bertutur kata yang baik. Mereka juga dituntut untuk mampu menumbuhkembangkan kreatifitas dan keceriaan, kemerdekaan, kesederhanaan serta  kesantunan pada anak asuhnya.

Terkait dengan pemahaman bahwa usia dini adalah saat tepat untuk meletakkan dasar pengembangan konsep diri, seni, moral dan budi pekerti maka pemberian stimulus yang baik pada anak sebaiknya diberikan sedini mungkin. Saat ini kesadaran masyarakat terhadap PAUD/TK cukup besar terbukti dengan semakin bertambahnya jumlah penyelenggara, guru serta anak didik yang ada di kota Batu.
Guru adalah ujung tombak dalam mata rantai pendidikan.
Maka guru diharapkan untuk selalu mengasah dan meningkatkan kemampuannya sehingga mutu pendidikan di Indonesia dapat semakin baik dan meningkat.

Terkait hal tesebut di atas, Kelompok Mentari yang terdiri dari guru dan masyarakat pemerhati PAUD serta GOPTKI Kota Batu pada 10, 12 dan 13 April 2013 akan menyelengggarakan Aneka Lomba antara lain: Pembuatan APE (Alat Permainan Edukatif), Festival Menggambar & Mewarna serta Fashion Show Kartinian duet Guru & Murid.
Kegiatan yang diharapkan diikuti oleh Guru dan Murid PAUD/TK di Kota Batu ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada guru untuk selalu mengembangkan diri dan mengasah ketrampilan agar mampu memberikan yang terbaik untuk anak asuhnya. Begitu pula bagi murid TK/PAUD, dimaksutkan untuk memberikan kesempatan melatih keberanian dan menumbuhkembangkan rasa percaya diri pada mereka.

Semoga cita-cita mulia seorang R.A.Kartini mampu kita wujudkan di era ini, sesuai dengan kapasitas kita masing-masing guna meningkatkan derajat dan kualitas SDM di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar