Jumat, 15 November 2013

Tim P1 Adipura Sudah Pantau 60 Titik

Jalan Panglima Sudirman Batu yang dinilai tim Adipura

  Tahun 2014 ini Kota Batu sudah mempersiapkan diri secara matang dalam penilaian Adipura. Sebanyak 60 titik pantau penilaian Adipura sudah siap dinilai oleh tim penilai P1 Adipura 2014.


Hal itu diungkapkan oleh Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Lingkungan Hidup, Kantor Kehutanan dan Lingkungan (KLH) Kota Batu, Wahyu Sri Prihantono, usai mendampingi tim penilai P1.   

Menurut dia secara umum kota ini sudah siap. Karena sebelumnya sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak atau leading sektor lainnya.

Ia juga ungkapkan tim penilai P1 Adipura tahun 2014  yang sudah melakukan penilaian di Kota Batu itu terdiri 3 orang. Antara lain penilai dari Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jatim, Kementerian Lingkungan Hidup dan LSM Sahabat Lingkungan.   

"Tahun ini ada titik pantau baru yang potensi dan dimasukkan, misalnya Hutan Kota.  Tujuan titik pantau baru ini adalah untuk menguatkan penilaian, "kata  Wahyu Sri Prihantono.

Ia  menjelaskan bahwa, titik pantau  yang dinilai meliputi  permukiman, jalan, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, RS/Puskesmas, perairan terbuka, terminal, taman kota/hutan kota, TPA, pemilahan sampah dan pengolahan sampah.

"Selama sehari ada sekitar 60 titik pantau yang di kunjungi oleh tim penilai P1 adipura.  Ada hal yang menguatkan dibanding tahun lalu, TPA Tlekung yang sudah menghasilkan gas metan dan kita juga sudah mempunyai huta kota," lanjut  Wahyu .

60 titik pantau yang dikunjungi tim penilai selama sehari di Kota Batu, diantaranya adalah, TPA,  Hutan Kota (eks stadion bondas ), alun-alun,   salter Jalan Panglima Sudirman,  KLH, Kantor DPRD, Pasar Besar Batu, SDN Temas 01, SDN Sidomulyo 01, SMPN 01, SMPN 03, SMAN 01 dan SMAN 02.  Sekaligus Puskesmas Batu dan Puskesmas.

Menurut Wahyu, hasil penilaian tim P1 itu kemungkinan besar baru bisa diketahui pada bulan Mei 2014. Karena penganugerahan Adipura ini bersamaan dengan hari lingkungan hidup. Sedangkan Kota Batu ini termasuk dalam kriteria penilaian kelas kota sedang.
“Harapannya, pada saat itu Kota Batu bisa mendapatkan anugerah Adipura.  Setidaknya bisa menjadi penghibur pada saat ulang tahun kota ke 12,”kata Wahyu didampingi Kepala KLH Kota Batu, Muklis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar