Jumat, 15 November 2013

Peringatan Hari Pahlawan di Kota Batu Meski Hari Libur Tetap Semangat

 
Upacara Hari Pahlawan di Mapolres Batu (2013) 
Meskipun peringatan hari Pahlawan pada tahun ini  jatuh libur atau pada hari Minggu, ternyata tidak mengurangi kehidmatan dan semangat.  Upacara peringatan hari pahlawan yang pada tahun ini dipusatkan di Markas Polisi Resor (Mapolrest)  Kota Batu  diikuti berbagai elemen masyarakat. Mulai dari TNI, Polisi, Ormas, Linmas, Pelajar, veteran,  anggota DPRD, Dharma Wanita , PKK  dan PNS dilingkungan Pemerintah Kota Batu.  
Peringatan  Hari Pahlawan dirangkai dalam sebuah upacara bendera di halaman Mapolres Batu itu berlangsung khitmad. Demikian pula pada saat pembacaan pesan-pesan perjuangan para pahlawan nasional 10 November.
Walikota Batu, Eddy Rumpoko  selaku pembina upacara membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI Salim Assegaf Al Jufri, berharap agar momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2013 dapat dimaknai tidak hanya sekadar ungkapan rasa syukur. Akan tetapi sekaligus sebagai refleksi terhadap keyakinan jati diri bangsa yang bermartabat.
Oleh karena itu pemerintah mengajak masyarakat bahu-membahu melakukan segala upaya dengan memperkuat modal sosial yakni jati diri sebagai bangsa yang hebat membangun negeri yang lebih kuat, kokoh dan harmonis dalam bingkai NKRI.
Pada peringatan upacara ini terlihat beberapa pejabat dari kalangan militer maupun sipil. Terlihat Komandan Arhanud, Kolonel Inf. Hasanuddin, Wakil Walikota Batu Punjul Santoso, Sekda Kota Batu Widodo dan beberapa pejabat di lingkungan  Pemkot Batu. Pada upacara itu  Kapolres Batu, AKBP Windiyanto Pratomo bertindak sebagai komandan upacara.  
Diketahui, peringatan hari pahlawan tahun ini berbeda tempat dengan tahun sebelumnya. Pada tahun lalu upacara serupa dilangsungkan di lapangan Panglima Sudirman atau komplek Arhanud di Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu. Untuk tahun ini digelar di Mapolres Batu.
Ziarah Kubur  
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Hal itu yang dilakukan di kota wisata ini. Usai melakukan upacara bendera peringatan hari pahlawan di Mapolres, dilanjutkan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati di Kelurahan Ngaglik Kecamatan Batu.  
Pada upacara ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Batu,  Suliadi. Pada upacara ini diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan yang dimakamkan di TMP ini sekaligus memberikan rangkaian bunga  di bawah patung raksasa di makam ini. Sebelum melakukan penaburan bunga, terlebih dahulu mengheningkan cipta yang dipimpin oleh pemimpin upacara itu.  
Pada saat tabur bunga juga diikuti oleh beberapa anggota LVRI, DHC 45, Pramuka juga para pelajar  dari asrama Sang Timur Kota Batu.  Dengan penuh khidmad mereka melakukan seluruh rangkaian upacara.  (hay)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar