Jumat, 15 November 2013

SP GELAR JOURNALISM WORKSHOP




Taniku Wisataku

Merebaknya media massa dewasa ini, khususnya media cetak, seperti surat kabar, tabloid, dan majalah, merupakan salah satu wujud dari era informasi dan keterbukaan. Berbagai informasi disampaikan tiap hari dan tiap saat. Berbagai pandangan pun berkembang seakan tiada mengenal henti. Semua pesan dari media informasi dikonsumsi oleh masyarakat serta menjadi bahan informasi dan referensi pengetahuan mereka.
Secara konseptual, jurnalistik dapat dipahami dari tiga sudut pandang; sebagai proses, teknik, dan ilmu. Sebagai proses, jurnalistik adalah aktivitas mencari, mengolah, menulis, dan menyebarluaskan informasi kepada publik melalui media massa. Aktivitas ini dilakukan oleh wartawan (jurnalis). Sebagai teknik, jurnalistik adalah keahlian (expertise) atau keterampilan (skill) menulis karya jurnalistik (berita, artikel, feature) termasuk keahlian dalam pengumpulan bahan penulisan seperti peliputan peristiwa (reportase) dan wawancara. Sebagai ilmu, jurnalistik adalah bidang kajian mengenai pembuatan dan penyebarluasan informasi (peristiwa, opini, pemikiran, ide) melalui media massa. Informasi bisa menyebar begitu cepat saat ini. Kemampuan menganalisa sebuah informasi, mengumpulkan dan menyulapnya menjadi sebuah berita yang menarik sangat diperlukan. Jurnalistik merupakan ilmu terapan (applied science) yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi. Maka, perlu latihan yang intens untuk menguasai bidang ini.
Akhir-akhir ini, pengaruh media massa seperti koran, majalah dan televisi, ataupun sosial media seperti blog, facebook dan twitter tidak bisa dianggap main-main. Sebuah spekulasi dari seorang analis pasar tentang sebuah perusahaan yang dirilis wartawan di media bisa menaikkan harga saham perusahaan tersebut. Kicauan negatif seorang pejabat di twitter bisa membuatnya diseret ke ranah hukum, karena peran media yang membesar-besarkannya. Media massa dan media sosial juga sangat efektif menjadi alat politik untuk pencitraan dalam kampanye pemilihan kepala daerah. Begitu besar efek yang ditimbulkan.
Beberapa contoh di atas menunjukkan betapa besarnya pengaruh media dalam mengubah opini publik terhadap suatu peristiwa. Ini tentunya tidak terlepas dari peran besar jurnalistik sebagai ilmu terapan yang memang mempelajari pembuatan dan penyebarluasan informasi melalui media massa. Perlunya para pelajar mendalami bidang ini dalam rangka menumbuhkan sikap kritis terhadap segala permasalahan. Seorang pelajar bisa mengkritisi kebijakan pemerintah dan mengirimkannya ke redaksi sebuah surat kabar.
Sebagai bagian dari kelompok terdidik, para pelajar harus memiliki kemampuan dalam mengembangkan potensi dalam dirinya. Salah satunya adalah dalam dunia tulis menulis. Jurnalistik memberi kesempatan kepada pelajar dalam meningkatkan kemampuan mengelola informasi.
Adanya program pelatihan jurnalistik merupakan salah satu ikhtiar dalam rangka mengembangkan kemampuan remaja di bidang ini.
Berdasarkan pemikiran di atas, Suara Pendidikan memandang perlu melaksanakan kegiatan pelatihan jurnalistik pada seluruh pelajar SMP/MTs dan SMU/MA di Kota Batu untuk memberikan pengetahuan dasar jurnalistik serta berbagai manfaat yang bisa didapat.

B.   NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama Journalism Workshop

C. TEMA KEGIATAN
Taniku Wisataku

D. WAKTU PELAKSANAAN
Hari                        :  Rabu         
Tanggal                 :  20 November 2013
Tempat                  :  Gedung Bina Praja Balaikota Batu

E. TUJUAN KEGIATAN
1.    Mengenalkan kepada pelajar tentang  dunia jurnalistik
2.    Menumbuhkan kecerdasan dan kreativitas pelajar melalui tradisi jurnalistik
3.    Siswa memiliki kemampuan dasar mengelola media cetak
4.  Siswa mampu menyajikan keunggulan potensi pertanian di Kota Batu secara menarik
     dengan didasari kaedah jurnalistik     

F. TARGET PESERTA
Target peserta kegiatan adalah pelajar tingkat SMP/ MTs, SMA/ MA,dan  SMK se Kota Batu. Setiap Sekolah maksimal 2 anak.

G. MATERI PELATIHAN
Adapun materi yang diberikan sebagai berikut:
1.    Dasar-dasar jurnalistik
2.    Pelatihan menulis berita
3.    Pelatihan menulis artikel
4.    Pelatihan menulis features
5.    Pelatihan mengelola keredaksian
H. SUSUNAN PANITIA

Penasehat                          : Ir. Eko Suparisno
Ketua                                    Dra. Triwahyuni Widiestuti NS.
Sekretaris                            Ulul Azmi. S.Ag
Bendahara                          Hendro Jayadi S.Pt

Divisi-divisi
Acara & Dokumentasi
Publikasi & Kosumsi
Koordinator
:
Rio Hendra
Koordinator
:
Aka Saputra
Anggota
:
Eka Safitri
Aka
Anggota
:
Lia

Penggalangan Dana

Koordinator
:
Soebarkah Adi Waringin



Anggota
:
Mistiani
Azmi Amrullah
Aka Saputra



Tidak ada komentar:

Posting Komentar