Kamis, 28 November 2013

Puluhan Siswa Antusias Ikuti Lomba Mendongeng


 Ajang pencarian bakat  mendongeng di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu dan diikuti siswa SD/MI se Kota Batu  berlangsung cukup meriah. Puluhan siswa yang mengikuti ajang itu juga terlihat penuh semangat.
 
Kegiatan ini merupakan agenda tahunan, Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu.  Dengan tujuan mencari bibit-bibit  dan potensi para pelajar di kota wisata ini. Sehingga ketiaka ada ajang lomba mengongeng tingkat propinsi tidak lagi kesulitan dalam menentukan wakilnya.   
 
Katua panitia Lomba Mendongeng, Sulistiyoningsih S.Pd. MM menuturkan  lomba mendongeng ini untuk mencari bakat anak-anak didik untuk bisa mewakili ke tingkat Propinsi Jawa Timur. Bukan hanya itu saja tetapi, untuk sementara waktu kita menyelengarakan kegiatan semacam ini masih kali ke dua.
 
Kedepannya akan diadakan lomba yang lebih luas. Tidak hanya tingkat SD melainkan juga tingkat SMA dan SMA. "Kita bisa menyelengarakan kegiatan mendongeng bukan hanya pada SD saja tetapi bisa ke tingkat SMP, SMA. Karena dengan kemajuan jaman yang semakin canggih maka Mendongeng sudah hampir punah,"terangnya, kemarin.
 
Lebih jauh dikatakan, maka untuk mencari bakat mendongeng ini memang sulit sekali, disamping butuh keberanian juga mental. “Mencerikan tentang legenda maupun cerita rakyat itu tidak mudah. Butuh banyak wawasan. Sekali lagi, cerita itu didongengkan kembali itu tujuannya  mengenalkan kembal kepada anak-anak didik,”pungkasnya.  
 
Pantauan SP,  para peserta itu dengan penuh penghayatan dalam mendongeng. Meski judul maupun tema mendongeng itu ditentukan oleh panitia, tidak membuat anak-anak itu sulit.
 
Beberapa judul yang didongengkan oleh anak-anak itu diantaranya, Si kancil, Malin  Kundang, Terjadinya Danau Toba, dan Ande-ande Lumut. EKA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar