Minggu, 24 November 2013

Alat Peraga Senilai Rp 3,6 Miliar Segera Digelontorkan

BUDI  SANTOSO
Akhir tahun ini merupakan waktu yang benar-benar sibuk untuk dinas pendidikan Kota Batu. Sebab, mereka harus mengebut pengadaan alat peraga bagi jenjang SD-SMA di Kota Batu senilai Rp 3,6 miliar. Dindik berani berjanji Nopember ini seluruhnya akan tuntas dan terdistribusi ke sekolah-sekolah.
Data yang dihimpun berbagai sumber menunjukkan sedikitnya ada tujuh item pengadaaan alat peraga sebagai penunjang pembelajaran. Termasuk pengadaan bahan praktik laboratorium bahasa dan peralatan laboratorium bagi jenjang SMK di Kota Batu.
Namun, paling banyak justru pengadaan alat peraga yang dananya diambil dari DAK mulai tahun 2011 hingga 2013 (selengkapnya lihat grafis). ”Ya, yang belum terlaksana mulai 2011 dan 2012, akan kami tuntaskan pada tahun ini,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Budi Santoso.
Tosi, sapaan akrabnya menjelaskan saat ini seluruh prosesnya sudah hampir selesai. Bahkan, dia mengklaim prosesnya kini tinggal pengiriman barang ke sekolah-sekolah penerima. ”Saya sudah kordinasi dengan bu Esti (Esti Dwi Astuti, kabid pendidikan dasar Disdik), akhir Nopember ini selesai semua,” jelasnya.
Kenapa pengadaan tersebut tidak diselesaikan tahun-tahun sebelumnya? Mantan komandan di Bappeda Kota Batu tersebut mengatakan, bisa jadi dua kepala dinas sebelum dia (Mistin dan Zakaria) dulunya memiliki kekhawatiran jika terjadi masalah pada proyek tersebut. ”Asal kitakerjakan sesuai normatif tidak ada masalah lah,” tegas dia.
Tosi mengatakan, pihaknya sengaja mengebut pemberian ke sekolah-sekolah ini agar tidak ada ‘hutang’ di kemudian hari. Apalagi pengadaan alat peraga tersebut juga tengah dibutuhkan oleh sekolah untuk menunjang pembelajaran. ”Sudah hampir selesai,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Plt Sekda Kota Batu tersebut.
Di sisi lain, jika disdik berani mengklaim akan menyelesaikan proyek DAK alat peraga ini, Tosi mengakui jika ada permasalahan dalam DAK untuk pemnbangunan fisik SMP dan SMA. Sebagaimana pernah diberitakan, sejumlah sekolah kompak menolak pembangunan fisik untuk ruang kelas tersebut.
Pengadaan Alat Peraga di Kota Batu
Jenis        Harga
Alat peraga SD DAK 2013    Rp 745 Juta
Alat peraga IPA untuk SMP (DAK 2011)  Rp 396 Juta
Alat peraga IPA dan IPS untuk SMP DAK 2012  Rp 233 juta
Alat peraga SD Swasta (DAK 2012)  Rp 257 juta
Alat peraga/praktik sekolah lab bahasa  Rp 750 juta
Alat peraga peralatan laboratorium SMK  Rp 795 Juta
Alat peraga SD (DAK 2011)    Rp 511 juta. (Rio)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar