Jumat, 15 November 2013

Pengangguran masih Tinggi


Angka pengangguran di Kota Batu masih cukup tinggi hingga akhir 2013 meski investasi terus tumbuh.  Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Batu mencatat angka pengangguran berjumlah 1380 orang berbagai umur. Jumlah tersebut merata pada setiap desa dan kelurahan yang ada di Kota Batu.

Dinas Tenaga Kerja melakukan pendataan bersama dengan pemerintah desa dan kelurahan. Hasilnya, setiap desa setor by name by addres dan mendapatkan data pengangguran sebanyak itu.

"Masih banyak warga yang membutuhkan pekerjaan. Jadi kami terus berupaya mengurangi pengangguran sehingga kesejahteraan semakin meningkat," ungkap Eko Suhartono, Kadisnaker dan Sosial, kemarin.

Kegiatan mengurangi pengangguran itu dilakukan dengan membuka Job Fair di Lippo Plaza Batu, Selasa (12/11) kemarin hingga hari ini. Job fair tersebut mendatangkan 27 perusahaan di Malang Raya yang sedang membutuhkan karyawan. Pembukaan Job Fair dilakukan oleh Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko.

Menurutnya, job fair tersebut menyediakan 1380 lowongan dari 27 perusahaan yang ikut ambil bagian. Sedangkan perusahaan-perusahaan di Kota Batu sendiri menyediakan 300 lowongan. "Penyedia lowongan adalah Jatim Park Group," tegas mantan Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Batu.
Disnakersos menyediakan formulir 2000 untuk job fair itu. Pada hari pertama, kemarin formulir yang diambil lebih dari 1600 eksemplar. "Pada hari kedua, formulir dipastikan habis dan dikembalikan kepada perusahaan-perusahaan. Mereka juga bisa langsung melakukan interview," tambah mantan Camat Bumiaji ini.

Perusahaan-perusahaan yang ikut serta dalam job fair itu antara lain Jatim Park Group seperti Museum Angkut, Klub Bunga Hotel, Jatim Park 1, Jatim Park 2, Hotel Purnama, Alfamidi, Indomart, Perusahaan Orang Tua, Matahari dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar